Persatuan Orang Melayu Sekadau

POM Sekadau Gelar Sunatan Masal Bekerjasama Dengan Komunitas Salam Berkah Kalimantan Barat

Sekadau – Persatuan Orang Melayu (POM) Sekadau Menggelar Acara Khitanan Massal Dengan Tema Ceria Anak Lawang Kuari Yang Bekerjasama Dengan Komunitas Salam Berkah Kalimantan Barat, pada sabtu(13/3/21) di Balairung Istana Keraton Kusuma Negara Sekadau Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Raja Kusuma Negara Sekadau, Pangeran
Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II, PLH. Bupati Sekadau Frans Zeno, S.STP, Pejabat Polres Sekadau di Wakili Kasat Binmas IPTU Masdar
Danramil 1204 Sekadau Hilir Kapten Arh L. Simare Mare, Camat Sekadau Hilir H. Syafii Yanto, Ketua POM Sekadau
Majlis Sholawat Sekadau.

Raja Kusuma Negara Sekadau Pangeran
Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II dalam sambutanya mengatakan, Semua boleh ikut serta dalam kegiatan khitan masal,

“jadi tidak hanya orang melayu saja, akan tetapi semua suku bisa ikut serta dalam kegiatan sunantan masal ini,” Jelasnya

“Kami sampai saat ini, tetap eksis, sehingga Sekadau ini, jarang sekali terjadi gesekan antara umat beragama, itu karena kerja sama semua lini,” ungkap Raja Sekadau ini.

Raja juga berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Selanjutnya Plh Bupati Sekadau Frans Zeno, S.STP mengatakan ,Bahwa di Ketahui Selain Khitan yang merupakan ajaran Agama Islam, Khitanan juga mengajarkan kepada umatnya untuk memperhatikan tentang Kesehatan dan Kebersihan,
“Pertama kita apresiasi gagasan, inisiatif yang sudah dibuat POM Sekadau bekerja sama dengan Komunitas Salam Berkah Kalbar yang telah melaksanakan kegiatan sunatan massal bagi anak-anak di Sekadau,” kata Plh Bupati Sekadau, Frans Zeno, usai membuka kegiatan tersebut.
Zeno mengucapkan terima kasih, meski di tengah pandemi COVID-19 kegiatan tersebut tetap dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan itupun sudah menerapkan protokol kesehatan.
“Kegiatan Khitan Masal ini juga sesungguhnya bermanfaat untuk mendidik kepada masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan Sehat,” Kata Frans Zeno.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat dan banyak lagi anak-anak yang mendapatkan pelayanan yag sama di masa-masa mendatang. Ini bentuk kepedulian masyarakat yang perlu kita dukung bersama,” ucap Zeno.

“Melalui moment ini saya mengingatkan kepada kita semua, bahwa pandemi Covid-19 telah membawa kesedihan bagi kita semua dan kesulitan bagi banyak orang, dan kita mengalami perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari,” pungkasnya

Untuk itu Frans Zeno mengingatkan kembali akan pentingnya pola hidup sehat
Pelaksanaan Khitanan tersebut, menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, sehingga kondisi tetap terjaga.

Ketua POM Kabupaten Sekadau, Gusti Muhammad Yani mengatakan, sunatan massal tersebut diprioritaskan bagi warga kurang mampu. Pihaknya mengalokasikan bagi 30 peserta dan cadangan sebanyak 10 orang.
“Alhamdulillah dari pencadangan itu, 10 terisi semua. Jadi, totalnya ada 40,” ungkapnya.
Menurutnya, antusiasme peserta mengikuti sunatan massal itupun cukup tinggi. Bahkan, kata Yani, masih ada masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya.

“Tapi, tidak bisa lagi kami terima karena keterbatasan obat dan biaya. Untuk penyelenggaraan kegiatan ini kita bekerja sama dengan Komunitas Salam Berkah Kalbar,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Komunitas Salam Berkah Kalbar, Syahbandi menutur, khitanan massal tersebut menyasar anak-anak kurang mampu.
“Tujuan kegiatan ini untuk membantu sesama, terutama anak-anak kurang mampu ikut khitan gratis. Insya Allah tanggal 21 nanti di tempat lain. Jadi, kegiatan ini tidak hanya di Sekadau, tapi se-Kalbar,” tuturnya.

Sumber : Divisi Komunikasi Dan Informasi Persatuan Orang Melayu Kabupaten Sekadau